Sabtu, 08 Desember 2012

Etika dalam Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Menejemen

      Akuntansi keuangan merupakan bidang akuntansi yang mengkhususkan fungsi dan aktivitasnya pada kegiatan pengolahan data akuntansi dari suatu perusahaan dan penyusunan laporan keuangan untuk memenuhi kebutuhan berbagai pihak, yaitu pihak internal dan eksternal. Oleh karena tujuan akuntansi keuangan adalah menyediakan informasi kepada pihak yang berkepentingan, maka laporan keuangan harus bersifat umum sehingga dapat diterima oleh semua pihak yang berkepntingan. Laporan keuangan yang dimaksud harus mampu menunjukkan keadaan keuangan dan hasil usaha perusahaan.
Laporan keuangan tersebut harus mampu memberikan suatu rangkaian historis informasi dari sumber-sumber ekonomi, dan kewajiban-kewajiban perusahaan, serta kegiatan-kegiatan yang mengabaikan perubhan terhadap sumber-sumber ekonomi dan kewajiban-kewajiban tersebut, yang dinyatakan secara kuantitatif dengan satuan mata uang.
Seorang akuntan keuangan bertanggung jawab untuk:

  1. Menyusun laporan keuangan dari perusahaan secara integral, sehingga dapat digunakan oleh pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan dalam pengambilan keputusan.
  2. Membuat laporan keuangan yang sesuai dengan karakterisitk kualitatif laporan keuangan (IAI, 2004) yaitu dapat dipahami, relevan, materialitas, keandalan (penyajian yang jujur, substansi mengungguli bentuk, netralitas, pertimbangan sehat, kelengkapan), dapat diperbandingkan, kendala informasi yang relevan dan handal (tepat waktu, keseimbangan antara biaya dan manfaat, keseimbangan di antara karakterisitk kualitatif), serta penyajian yang wajar.
Akuntansi Manajemen dan Tanggung Jawab Seorang Akuntan Manajemen

     Definisi Akuntansi Manajemen menurut IAI adalah suatu proses pengidentifikasian, pengukuran, pengakumulasian, penganalisisan, penyediaan, penginterpretasian, dan pengkomunikasian informasi keuangan yang dilakukan oleh personel organisasi dan digunakan untuk menyusun rencana strategic dan operasional, mengimplementasikan dan memantau pelaksanaannya, serta untuk meyakinkan pemanfaatan dan akuntabilitas sumber daya organisasi sebagaimana mestinya. Tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang akuntan manajemen lebih luas dibandingkan tanggung jawab seorang akuntan keuangan, yaitu:
  1. Perencanaan, menyusun dan berpartisipasi dalam mengembangkan sistem perencanaan, menyusun sasaran-sasaran yang diharapkan, dan memilih cara-cara yang tepat untuk memonitor arah kemajuan dalam pencapaian sasaran. 
  2. Pengevaluasian, mempertimbangkan implikasi-implikasi historical dan kejadian-kejadian yang diharapkan, serta membantu memilih cara terbaik untuk bertindak.
  3. Pengendalian, menjamin integritas informasi finansial yang berhubungan dengan aktivitas organisasi dan sumber-sumbernya, memonitor dan mengukur prestasi, dan mengadakan tindakan koreksi yang diperlukan untuk mengembalikan kegiatan pada cara-cara yang diharapkan.  
  4. Menjamin pertanggungjawaban sumber, mengimplementasikan suatu sistem pelaporan yang disesuaikan dengan pusat-pusat pertanggungjawaban dalam suatu organisasi sehingga sistem pelaporan tersebut dapat memberikan kontribusi kepada efektifitas penggunaan sumber daya dan pengukuran prestasi manajemen.
  5. Pelaporan eksternal, ikut berpartisipasi dalam proses mengembangkan prinsip-prinsip akuntansi yang mendasari pelaporan eksternal.
Competence
Competence atau Kompetensi. Diperlukannya sifat Competence diantaranya terdiri dari: Pengetahuan Profesiional, Monitoring Keuangan, pengambilan keputusan, Komunikasi dan Pengawasan. Berikut penjelasaanya 

1.  Pengetahuan Profesional

      Menerapkan pengetahuan umum teknologi informasi yang berlaku untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan, Menerapkan pengetahuan menyeluruh teknologi informasi yang berlaku untuk melakukan tugas-tugas akuntansi. Mungkin mengembangkan dan menerapkan perubahan sistem, Mengidentifikasi masalah dan mengubah persyaratan mengenai kebutuhan manajemen, audit dan prosedur fiskal, struktur account atau laporan, dan sistem akuntansi, bersama dengan bertanggung jawab untuk modifikasi.

2. Monitoring keuangan & analisis Monitor

    Independen menyelesaikan masalah-masalah kompleks yang jelas ada dalam saat ini sistem atau menerapkan akuntansi struktur baru. Mengawasi resolusi atau pelaksanaan. Dapat merancang dan melaksanakan organisasi dan program khusus prosedur/sistem akuntansi.Memeriksa dan menganalisis laporan keuangan yang kompleks. Institut perubahan yangberdasarkan fakta.

3. Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah

       Mengidentifikasi dan mengenali rutin atau standar masalah yang telah menetapkan preseden dan dampak yang terbatas. Merujuk non-standar pertanyaan dan masalah tingkat yang lebih tinggi.

4. Komunikasi

     Mempersiapkan produk tertulis dengan mengikuti panduan standar agar dapat meninjau dan mengedit karya orang lain. Menyampaikan fakta yang ringkas, komprehensif dan akurat tentang masalah-masalah kompleks dalam bentuk tertulis. Kesimpulan dan rekomendasi didasarkan pada pengetahuan profesional dan penghakiman.

5. Pengawasan

     Memberikan bantuan kepada manajer tingkat yang lebih tinggi dalam proses perekrutan dan pilihan. Mungkin mengawasi atau memimpin staf akuntansi tingkat lebih rendah secara mandiri. Merekomendasikan atau membuat keputusan pilihan.

Confidentiality
      Kerahasiaan atau confidentiality. Kerahasiaan Lebih dikenal dengan istilah“confidentiality”, dapat diartikan sebagai perlindungan terhadap data dalam sistem informasi perusahaan, sehinggga tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berhak. Banyak yang beranggapan bahwa tipe perlindungan seperti ini hanya penting untuk kalangan militer dan pemerintahan, dimana mereka perlu merahasiakan rencana dan data penting. Akan tetapi kerahasian juga sangat penting bagi kalangan bisnis yang perlu melindungi rahasia dagang mereka dari kompetitor, atau untuk mencegah akses terhadap data-data yang dianggap sensitive oleh orang-orang yang tidak berhak didalam perusahaan (contohnya data personalia, medis, dan lainnya). Isu seputar privasi yang semakin diperhatikan akhir-akhir ini, telah memaksa badan pemerintahan dan perusahaan swata sekalipun untuk menjaga kerahasiaan informasi secara lebih baik lagi, demi melindungi data-data pribadi yang disimpan dalam sistem informasi badan pemerintahaan atau perusahaan swasta tersebut.

Contoh Ancaman Confidentiality:
  • Hacker
     Seorang hacker adalah orang yang membobol pengendalian akses dalam sebuah sistem,
dengan memanfaatkan kelemahan sistem tersebut.
  • Masquerader
    Seorang masquerader adalah orang yang berhak mengakses sistem, tetapi telah memiliki password dari user lain sehingga dapat mengakses file yang tersedia untuk user lain tersebut.
  • Aktivitas user yang tidak terotorisasi
    Kontrol akses yang lemah seringkali memungkinkan terjadinya akses yang tidak terotorisasi seperti ini, sehingga mengancam keamanan dari file -file yang bersifat rahasia.
  • Download file tanpa proteksi
     Melakukan download dapat mengancam kerahasian informasi apabila dalam prosesnya file dipindahkan dari tempat penyimpanan yang aman (dari server) ke personal komputer yang tidak terlindungi dengan baik, dalam rangka melakukan pemrosesan data secara local.

Contoh lainnya:
Sistem audit membantu administrasi dengan membuat log dari aktifitas. Log aktifitas ini memudahkan admnistrator sistem untuk memonitor siapa saja yang memakai sistem dan apa yang dilakukannya. Log dari sistem yang diperoleh selama monitoring bisa dipergunakan antara lain untuk:
• Mengidentifikasi aktifitas yang tidak biasa.
• Dokumen yang dipakai untuk kemungkinan aksi berikutnya.
• Menggunakan informasi untuk menentukan aksi yang tidak sepatutnya dimasa yang akan dating.
• Memastikan bahwa user yang ada sudah dilindungi oleh kebijakan keamanan yang ada sekarang.

Penggunaan koleksi informasi dengan auditing memberi keyakinan bahwa masingmasing user memang berhak mengakses sistem informasi. Dengan auditing semua aktifitas bisa terekam dan bisa dilacak termasuk user yang melakukannya. Administrator juga harus mengeluarkan effort untuk menjamin kerahasiaan dan integritas dari log yang sensitif. Administrator bisa menentukan event mana saja yang perlu di audit. Salah satu metode yang umum dipakai untuk membatasi kapasitas dari log adalah dengan menggunakan clipping levels, yang akan membatasi tidak diperlukannya log dari aktifitas kecuali
kalau ada suatu kejadian. Sebagai contoh, kita bisa menentukan clipping level dari kegagalan login sampai 3 kali. Jika user gagal melakukan login sampai 2 atau 3 kali, tidak ada auditing informasi yang akan dilakukan. Ketika login yang ketiga gagal, maka login ketiga dan kejadian selanjutnya dicatat. Hal ini akan memudahkan administrator untuk memisahkan data dan melihat hanya terhadap data yang mengalami keanehan.

Integrity
       Integritas (integrity) adalah perlindungan terhadap dalam sistem dari perubahan yang tidak terotorisasi, baik secara sengaja maupun secara tidak sengaja.Tantangan yang dihadapi setiap sistem keamanan informasi adalah untuk memastikan bahwa data terpelihara dalam keadaan yang sesuai dengan harapan dari user. Walau tidak dapat meningkatkan akurasi dari data yang dimasukan kedalam sistem oleh user, inisiatif keamanan informasi memastikan bahwa setiap perubahan memang benar benar dikehendaki dan dilakukan secara benar.

Contoh Model-model integritas:
Model-modelintegritas ini digunakan untuk menjelaskan apa yang perlu dilakukan untuk menerapkan kebijaksanaan integritas informasi dalam organisasi. Ada tiga sasaran dari integritas yaitu :
• Mencegah user yang tidak berhak melakukan perubahan data atau program.
• Mencegah user yang berhak melakukan perubahan yang tidak benar atau tidak terotorisasi.
• Menjada konsistensi data dan program secara internal dan eksternal.

Whistle Blowing
      Whistle blowing adalah peluit bertiup sedangkan Whistleblower adalah orang yang memberitahu publik atau seseorang yang berwibawa tentang dugaan tidak jujur atau ilegal kegiatan (kesalahan) terjadi di departemen pemerintah, organisasi publik atau swasta atau perusahaan. Dugaan kesalahan dapat diklasifikasikan dalam banyak cara; sebagai contoh, pelanggaran undang-undang, aturan, peraturan dan/atau ancaman langsung bagi kepentingan publik, seperti penipuan, pelanggaran keamanan/kesehatan, dan korupsi. Whistleblower dapat membuat tuduhan mereka secara internal (sebagai contoh, untuk orang lain dalam organisasi terdakwa) atau eksternal (regulator, penegak hukum, ke media atau untuk kelompok yang berkaitan dengan isu-isu)

 Whistle blower terdiri dari:

1. Whistleblower internal

        Untuk melaporkan kesalahan pada sesama karyawan atau unggul dalam perusahaan mereka. Salah satu pertanyaan yang paling menarik sehubungan dengan internal Whistleblower sebabnya dan dalam keadaan apa orang akan bertindak baik di tempat untuk menghentikan perilaku ilegal dan sebaliknya tidak dapat diterima atau melaporkannya. Ada beberapa alasan untuk percaya bahwa orang lebih cenderung untuk mengambil tindakan sehubungan dengan perilaku yang tidak dapat diterima, dalam sebuah organisasi, jika ada keluhan sistem yang menawarkan pilihan bukan hanya ditentukan oleh organisasi perencanaan dan kontrol, tapi pilihan pilihan untuk orang, termasuk pilihan yang menawarkan dekat kerahasiaan mutlak

2. Whistleblower eksternal

Untuk melaporkan kesalahan luar orang atau entitas, tergantung pada tingkat keparahan dan alam, informasi yang Whistleblower dapat melaporkan kesalahan untuk pengacara, media, lembaga pengawas atau penegakan hukum, atau badan-badan lokal, negara bagian atau federal lain. Dalam beberapa kasus, eksternal whistleblowing didorong oleh menawarkan imbalan moneter.

Contoh kasus:
Dalam kasus di mana whistleblowing pada topik tertentu yang dilindungi oleh undang-undang, pengadilan U.S. umumnya telah diselenggarakan bahwa Whistleblower seperti dilindungi dari pembalasan. Namun, keputusan Mahkamah Agung erat dibagi, Garcetti v. Ceballos 2006 diadakan bahwa amandemen pertama kebebasan berbicara jaminan untuk pegawai pemerintah tidak melindungi pengungkapan dibuat dalam lingkup.

Creative Accounting
    Akuntansi kreatif (Creative Accounting) adalah akar dari sejumlah skandal akuntansi, dan banyak proposal untuk reformasi akuntansi - biasanya berpusat pada analisis diperbarui modal dan faktor-faktor produksi yang benar akan mencerminkan bagaimana nilai ditambahkan.Creative accounting bisa disebut juga Manajemen akuntansi dan pendapatan kreatif adalah eufemisme mengacu pada praktek-praktek akuntansi yang mungkin mengikuti surat aturan standar praktik akuntansi, tapi pasti menyimpang dari semangat aturan-aturan. .

Contoh Motivasi akuntansi kreatif yaitu:
      Pribadi insentif (Personal incentives)
      Pembayaran bonus-terkait (Bonus-related pay)
      Manfaat dari saham dan berbagi pilihan (Benefits from shares and share options)
      Keamanan kerja    (Job security)
      Kepuasan pribadi (Personal satisfaction)
      Menutup-nutupi penipuan (Cover-up Fraud)

fraud
    Dalam hukum kriminal, penipuan (fraud) adalah penipuan disengaja yang dibuat untuk keuntungan pribadi, atau kerusakan lain individu; Adjektif terkait penipuan. Definisi hukum tertentu bervariasi dengan yurisdiksi hukum. Penipuan adalah kejahatan, dan juga pelanggaran hukum sipil. Defrauding orang atau entitas uang atau barang-barang berharga adalah tujuan yang sama penipuan, tetapi ada juga telah palsu "penemuan", misalnya, dalam ilmu, untuk mendapatkan prestise daripada langsung moneter keuntungan.

Fraud Auditing
     Audit penipuan (fraud Auditing) adalah review teliti dokumen keuangan, sementara satu pencarian untuk titik di mana jumlah d laporan keuangan tidak mesh. Penipuan audit yang dilakukan ketika penipuan dicurigai. Beberapa perusahaan melakukannya sebagai tindakan pencegahan untuk mencegah penipuan terjadi dan untuk menangkapnya sebelum pelaku mengambil terlalu banyak uang.
Penipuan audit digunakan untuk mengidentifikasi transaksi penipuan, tidak untuk mengetahui bagaimana mereka diciptakan. Ini adalah kesalahan umum bahwa banyak orang membuat---percaya bahwa audit dan penyelidikan adalah proses yang sama. Auditor hanya menelusuri setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan, mencari salah satu yang curang, jika ada. Auditor biasa hanya memeriksa nomor untuk akurasi.
Untuk menjadi auditor penipuan, Anda harus memperoleh gelar sarjana akuntansi. Mengambil beberapa kelas akuntansi forensik jika tersedia. Selanjutnya, akuntan pergi untuk seorang akuntan publik bersertifikat 's lisensi atau untuk program khusus dirancang untuk membuatnya bersertifikat forensik pemeriksa. Tergantung pada keadaan di mana Anda tinggal, ada persyaratan khusus jam kerja dan pengujian untuk mengikuti. Lihat bagian sumber daya untuk informasi lebih lanjut.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar