Selasa, 30 April 2013

STANDAR HIDUP RENDAH (softskill 2)



Standar hidup yang rendah yang terjadi merupakan akibat dari tingkat pendapatan yang rendah, ketombangan kesejahteraan yang besar, kurang memakain
ya pelayanan kesejahteraan dan sistem pendidikan. Standar hidup yang rendah tersebut dapat terlihat dari pendapatan yang rendah(kemiskinan), kemukiman yang kurang layak huni, bekal pendidkan yang minimatau bahkan tidak sama sekali, peluang kerja yang rendah, kesehatan yang buruk, angka kematian bayi yang tinggi dan harapan hidup yang relatif singkat. Beberapa indikator yang digunakan untuk mngetahui standar hidup penduduk suatu negara yaitu :
1)      Pendapatan nasional perkapita 
Pendapatan perkapita adalah jumlah pendapatan nasional suatu negara selama satu tahun dibagi dengan jumlah penduduk negara tersebut. Pendapatan nasional dapat diperoleh dari nilai GDP(gross domestic products) adalah nilai total atas seluruh out put final yang dihasilkan oleh suatu perekonomian. Pendapatan nasional juga dapat si hitung dengan menggunakan nilai GNI(gross national income). 
2)      Tingkat pertumbuhan pendapatan nasional dan pendapatan perkapita
Tingkat pertumbuhan pendatan nasional dan pendapatan perkapita dibanyak negara di dunia ketiga(berkembang) lebih rendah dari negara maju. Pda umumnya, negara mengalami kemerosotan ekonomi sehingga terjadi kesenjangan kemakmuran antara negara berkembang dan negara maju. Bila kita membandingkan 20% penduduk paling terkaya dinegara maju dan 20% penduduk paling miskin dinegara nerkembang sejak tahun 1960 maka rata-rata pendapatan pendudk terkaya si negara maju dan 30 kali lipat dari rata-rata pendapatan penduduk  paling miskin di negara berkembang.
3)      Tingkat kemiskinan
Faktor utama yang mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat kemiskinan di suatu negara adalah rata-rata tingkat pendapatan nasional dan tinggi rendahnya tingkat kesenjangan dalam distribusi pendapatan. Setinggi apapun tingkat pendapatan nasional perkapita yang di capai ileh suatu negara, jika distribusi pendapatan tidak merata, maka tingkat kemiskinan di negara tersebut akan tetap parah. Sebaliknya, serata apapun distribusi pendapatan di suatu negara jika tingkat pendapatan tidak mengalami perbaikan maka kemiskinan semakin meluas.
4)      Pendidikan
Pada umunya, usaha penyediaan fasilitas pendidikan dasar merupakan prioritas utama bagi negara-negara berkembang. Anggaran pengeluaran pemerintah negara-negara  berkembang yang dialokasikan untuk sektor pendidikan semakin lama semakin meningkat. Meskipun demikian, tingkat buta huruf di negara berkembang masih sangat tinggi apabila di bandingkan dengan negara maju.
Dampak positifnya dengan standar hidup rendah masyarakat lebih menghargai semua penghasilan yang mereka dapat tidak menghambur-hamburkan harta yg mereka miliki dengan sia-sia dan lebih meningkatkan kesadaran meraka tentang lingkungan sekitarnya.
Dampak negative dengan standar hidup rendah banyak masyarakat yang mengalami kekurangan dalam hidupnya.

1 komentar:

  1. makasih buat infonya gan, benar-benar informasi yang sangat menarikkunjungan yang asik hari ini, thank

    BalasHapus